Apa itu bencana

Disini saya mengacu kepada undang-undang yang sudah ada bahwa, definisi bencana menurut Undang-Undang Republik Indonesia No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Sementara United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UN-ISDR) mendefi nisikan bencana sebagai; (yang dimutakhirkan pada tanggal 31 Maret 2004): “A serious disruption of the functioning of a community or a society causing widespread human, material, economic or environmental losses which exceed the ability of the affected community or society to cope using its own resources” (ISDR, 2004) atau “Suatu gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat sehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia dari segi materi, ekonomi atau lingkungan dan yang melampaui kemampuan masyarakat tersebut untuk mengatasi dengan menggunakan sumber daya mereka sendiri”.

Dari segi bencana, Indonesia mempunyai kebencanaan yang komplek. Kenapa Indonesia dikatakan negara yang komplek, karena pertama Indonesia adalah negara kepulauan, dimana penduduknya terdiri dari beberapa suku, agama, budaya, bahasa dan adat yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang penduduk Indonesia yang berbeda-beda menyebabkan sering terjadi konflik sosial antar masyarakat yang dipicu oleh SARA. Indonesia mempunyai sebuah ideologi yaitu Pancasila, semboyan BINNEKA TUNGGAL IKA, dan UUD 45 yang mengatur tatanan masyarakat dalam kehidupan bernegara.

Namun hingga saat ini masih banyak media yang memberitakan tentang konflik antar masyarakat hingga tak sedikit menimbulkan korban jiwa. Faktor kedua Indonesia terletak di jalur Katulistiwa dengan dibatasi oleh dua samudera yaitu samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Berada diantara dua samudera maka iklim di Indonesia juga dipengaruhi oleh iklim global yang disebabkan oleh anomali atau perubahan iklim yang mencolok di samudera Hindia maupun samudera Pasifik,contohnya adalah seperti La-Nina dan El- Nino yang berdampak pada cuaca ekstrim pada saat musim penghujan dan kekeringan pada saat musim kemarau. Ketiga seluruh wilayah kepulauan di Indonesia terbentuk oleh penunjaman antar lempeng yaitu dari arah barat adalah lempeng Eurasia, dari arah selatan lempeng Australia, dari arah utara lempeng Fhilipina, dan dari arah timur lempeng Pasifik. Sehingga selain Indonesia mempunyai banyak jajaran gunung berapi yang masih aktif juga banyak terjadi bencana alam gempabumi.

Di sisi lain Indonesia juga kaya akan sumber daya alam, berupa minyak bumi, batubara, gas alam dan semua produk-produk tambang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu Indonesia juga disebut sebagai Jamrud kathulistiwa ( sabuk hijau kathulistiwa ) karena dari Aceh hingga Papua berjajar gunung-gunung yang termasuk jajaran pegunungan sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik.Indonesia kaya akan budaya. sebuah negara yang sangat unik, dan tidak kalah menariknya dengan negara-negara Asia lainnya.

Karena kekayaan alam di Indonesia yang melimpah, banyak negara-negara asing yang melirik Indonesia sebagai ladang investasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s