Tsunami Travel Time ( T T T ) Paul Wessel

Salah satu software sederhana yang dapat menghitung prediksi penjalaran gelombang tsunami adalah dengan menggunakan software Tsunami Travel Time yang dikembangkan oleh Paul Wessel GeoWare. Situs yang dapat memberikan informasi mengenai software ini adalah di sini nih: http://www.ngdc.noaa.gov/hazard/tsu_travel_time_software.shtml

Kali ini aku mencoba menghitung travel time tsunami gempa Sumatera tanggal 24 Desember 2004 yang lalu dengan menggunakan software ttt versi 1.12. Untuk data gempa ini adalah salah satu contoh dari data yang sudah dihitung sepeti dalam petunjuk teknis di ttt package yang aku dapatkan. cara menggunakan software ini sebenarnya sangat sedernana dan sangat mudah sekali apabila kita mengerti semua perintah-perintahnya. Jadi sebelum menggunakan software ini terlebih dahulu pelajari petunjuk teknisnya yang bisa diunduh disini: http://ioc3.unesco.org/itic/files/TTT_mar08_brief.pdf

Data masukan yang diperlukan adalah data koordinat (longitude dan latitude) episenter gempa bumi yang menimbulkan tsunami. Dan di sini aku mencontohkan 9 koordinat titik-titik episenter yang berada di jalur patahan gempa.  Data koordinat tersebut disimpan dalam format *.txt, jadi membuatnya bisa di notepad. Seperti ini nih:

Data masukan yang kedua adalah data koordinat wilayah-wilayah yang diperkirakan terkena hantaman dari gelombang tsunami. Untuk gempa Sumatera ini dapat dimasukkan wilayah-wilayah yang berada di sepanjang jalur Samudera Hindia, dan disimpan juga dalam format *.txt seperti data masukan episenter gempanya.

Kemudian, setelah software tersebut diinstal maka semua perintah dapat dikerjakan di command prompt. Dan membuka lokasi file hasil instal dari softwarenya. Pada umunya disimpan di program file local disk C sehingga dibuka di C:\Program Files\TTT Package\Software\TTT\bin

Kemudian sintas program:

ttt_client -Bind_topo_5m -eepicenters_2004.txt -Tttt_2004_1226.b –VL

Perintah di atas adalah untuk membuat ttt grid nya. Outputnya adalah file dengan nama format .b , dari perintah diatas dibuat output dengan nama file ttt_2004_1226.b

Output tersebut akan keluar jika setelah perintah dijalankan maka muncul proses seperti ini:

Langkah selanjutnya adalah membuat file gambar dalam format post script *.ps , dengan perintah di command prompt sebagai berikut:

ttt_fancy_ind ttt_2004_1226.b ind_topo_5m epicenters_2004.txt ttt_2004_1226.ps

 dari perintah di atas nama file *.ps diberi nama ttt_2004_1226.ps, dan file outputnya akan muncul jika muncul proses sebagai berikut:

dan secara otomatis akan muncul gambar peta penjalaran gelombangnya dalam format *.PNG.

Untuk melihat travel time nya di setiap wilayah yang diinginkan maka dapat dimasukkan perintah di command promp seperti ini:

ttt_client –Fttt_2004_1226.b –Astations_indian_ocean.txt

 maka akan muncul data seperti ini:

diatas dapat dilihat travel time gelombang tsunami dan ketinggiannya yang tiba di wilayah-wilayah tertentu.

Saya menjalankan software ini di WINDOWS XP, dan pernah mencoba mengerjakan di Windows 7 namun perintah tidak bisa berjalan. Mungkin sebaiknya mencoba software ini di windows XP saja. Pengolahan untuk data ini masih merujuk pada ttt package dari program ini. Namun bisa dikembangkan untuk berbagai macam studi bencana tsunami yang lain.

2 thoughts on “Tsunami Travel Time ( T T T ) Paul Wessel

    • dari sumber ke kota yg ditujunya itu dek, jadi perjalalan (arrival) gelombangnya itu menempuh waktu yg dibawahnya arrival, dan menempuh jarak (km) yg di bawahnya off (km) itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s