Kenapa bernama Badai Sandy

Potensi bencana di berbagai belahan dunia sangatlah beragam. Kalo di Indonesia sering terjadi gempabumi, banjir bandang, dan puting beliung, di benua Amerika justru sering terjadi bencana badai. Kalau puting beliung masih mencakup wilayah yang sangat kecil, biasanya hanya melanda di beberapa desa saja, namun kalau badai bisa sampai satu kawasan negara bagian. Seperti yang sekarang terjadi di Amerika Serikat.

Badai Sandy yang menyerang pantai timur Amerika Serikat akhir Oktober 2012 ini pada dasarnya merupakan fenomena siklon tropis di Samudera Atlantik. Fenomena siklon tropis terjadi karena akibat adanya faktor suhu yang hangat di permukaan laut, kelembaban udara, serta angin akibat rotasi bumi. Disana setiap wilayah pembentukan dan kekuatan siklon tropis yang berbeda selalu diberi penamaan yang berbeda, sehingga tak heran jika ada banyak sekali nama badai yang pernah terjadi di Amerika, seperti badai Catrina, San Felipe, dsb. Apabila badai yang terjadi ternyata berasal dari titik yang sama dan dengan kekuatan yang sama maka baru diberi penamaan yang sama. Kecuali badai catrina yang tidak akan diulang lagi penamaannya karena memang mengakibatkan  dampak sangat buruk. Untuk di Samudera Hindia penamaan siklon tropis selama ini cukup dengan siklon tropis saja.

Para ahli cuaca di Amerika memang sangat kreatif dengan penamaan badai yang memang sering terjadi di benua itu. Pada awalnya badai dinamai berdasarkan nama santa dalam agama Katolik, seperti  badai Santa ana yang pernah melanda Puerto Rico pada tanggal 26 Juli 1825, atau badai San felipe yang melanda pada tahun 1876.

Penamaan badai yang berbeda-beda memang sangat kreatif, namun terkadang malah sangat merepotkan. Di AS penamaan badai pernah dilakukan berdasarkan koordinat posisi badai terbentuk, namun ternyata sangat sulit untuk mengingatnya dan sulit dikomunikasikan. Penamaan badai juga pernah dilakukan dengan nama-nama perempuan untuk badai di kawasan Pasifik (Taifun), yang kemudian sistem ini diadopsi oleh NHC (National Hurricane Center) di Amerika untuk memberi nama badai yang terjadi di Atlantik (Hurricane).

Ada 21 nama badai yang diusulkan setiap tahunnya. Nama yang diambil diurutkan sesuai alfabet, kecuali yang berawalan Q,U,X,Y,Z tidak digunakan. Bila ada lebih dari 21 badai telah terjadi maka penamaan selanjutnya adalah berdasarkan aksara Yunani seperti Alpha, Beta dan seterusnya. Setelah jangka waktu 6 tahun akan ada pengulangan nama badai untuk wilayah Atlantik, kecuali badai dengan nama Catrina.

Kemudian mengapa dinamakan badai Sandy? Badai ini mulai terbentuk pada tanggal 22 Oktober 2012. Sebelumnya di tahun 2012 ini sudah ada beberapa badai siklon tropis yang terjadi di Amerika dan pada saat terjadi badai yang ke-18 nama Sandy diambil karena sudah sesuai dengan nama yang telah disusun sebelumnya.

Sumber :

  1. kompas.com
  2. http://ilmupengetahuan.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s